Bagaimana deteksi kekambuhan kanker serviks?

GV Info Penanya: GV, Wanita, 1818 Tahun
Siang dokter. Mama saya divonis dokter kandungan kanker serviks stadium awal pada bulan 5 tahun 2019.sudah operasi angkat rahim dan kelenjar getah bening pada bulan 6 tahun 2019.pada bulan 10.mama saya follow up. Tindakan yang dilakukan dokter cuman usg perut dan rahimnya. Apakah tindakan yang dilakukan dokter sudah benar.tolong dibalas. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GV,

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang sering dialami oleh wanita. Kanker serviks ini sering menimbulkan keluhan berupa perdarahan yang muncul diluar siklus haid, nyeri ketika berhubungan seksual, penurunan berat badan, nyeri pada bagian perut bawah hingga punggung bawah, lemas, dll.

Penanganan kanker serviks sendiri berbeda-beda tergantung dari stadium berapa saat kanker serviks ditemukan.

Pada kasus ibu Anda yang sudah dilakukan pengangkatan rahim dan kelenjar getah bening, tentunya masih memerlukan pemeriksaan secara berkala untuk memantau keberhasilan terapi seperti pemeriksaan darah penanda tumor CEA, dimana tingginya kadar CEA menunjukkan masih ada sel kanker yang aktif di dalam tubuh, selain juga perlu melakukan pemeriksaan USG atau CT scan dengan kontras untuk melihat ada tidaknya penyebaran di dalam tubuh.

Sebaiknya ibu Anda melakukan konsultasi secara berkala ke dokter kandungan dan menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari makanan berlemak, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari stres.

Salam sehat,

dr. Vina

GV
01 Nov 2019, 12:57
kalau untuk pemeriksaan darah penanda tumor CEA bisa dilakukan pada stadium awal ? atau hanya pada stadium yang lebih berat?tolong dibalas.terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi polip rahim adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim

Sulit Hamil Karena Polip Rahim? Atasi dengan Operasi

Polip rahim adalah salah satu penyebab wanita mengalami sulit hamil. Namun, tidak perlu khawatir karena untuk menghilangkan polip rahim, dapat dilakukan tindakan operasi polip yang akan membantu agar kehamilan dapat berjalan secara normal.