Bagaimana ciri posisi rahim terbalik?

RW Info Penanya: RW, Wanita, 30 Tahun
Apa ada rahim perempun yg terbalik. Sehingga sulit mendapatkan keturunan.jika ada bagaimana ciri2nya dan penanganannya untuk mendapatkan keturunan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RW,

Rahim terbalik adalah kondisi dimana arah rahim tidak normal dan rahim mengarah cenderung ke belakang mendekati tualng belakang dimana normalnya adalah mengarah ke depan tepat di atas kandung kemih. Kondisi ini dapat tidak menimbulkan gejala sehingga tidak disadari sampai dilakukan pemeriksaan.

Jika menimbulkan gejala, rahim yang terbalik atau disebut retrofleksi uterus menimbulkan keluhan seperti rasa nyeri saat berhubungan seksual terutama pada vagina dan tulang belakang, nyeri panggul saat menstruasi, lebih sering buang air kecil, dan lainnya.

Pada beberapa kasus rahim yang terbalik dapat kembali normal melalui latihan seperti senam kegel tetapi jika menimbulkan keluhan dan gangguan maka perlu dilakukan penanganan seperti dipasangkan cincin pesarium atau dilakukan operasi untuk mengembalikan posisinya.

Gangguan kesuburan pada rahim terbalik sendiri bukan karena gangguan anatomi letak rahim teatpi bisa karena penyebab lain seperti misalnya endometriosis yang juga memicu terjadinya rahim terbalik. Untuk itu periksakan dan konsultasikan pada dokter spesialis kandungan apabila mengalami keluhan seperti yang dijelaskan ataupun jika kesulitan hamil setelah lebih dari 1 tahun menikah agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran lingkar lengan atas menggambarkan lapisan lemak di bawah kulit dan jaringan otot yang menjadi indikator status nutrisi orang dewasa

Lingkar Lengan Atas, Indikator Penting Sebelum Jadi Bumil

Ukuran lingkar lengan atas ternyata dapat menjadi indikator status nutrisi orang dewasa. Lingkar lengan atas wanita usia subur di Indonesia setidaknya harus berukuran 23,5 cm sebelum hamil.