Bagaimana ciri lipoma?

YY Info Penanya: YY
Hi dok, pada area leher saya terdapat lipoma yang sudah muncul sejak saya berusia remaja. Lipoma ini tidak mengganggu namun saya takut untuk memeriksanya ke rumah sakit. Apakah lipoma pasti berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YY.

Lipoma adalah tumor jinak yang tidak berbahaya. Terbuat dari lemak yang tumbuh di bawah kulit, benjolan akan terasa lunak saat disentuh. Jika tumbuh di dekat daerah persyarafan, biasanya lipoma dapat terasa nyeri. Lipoma dapat tumbuh di bagian mana saja di tubuh, seperti di kepala, leher, punggung, bokong, ataupun paha. 

Sampai saat ini, alasan munculnya lipoma tidak sepenuhnya dimengerti. Para ahli berpendapat bahwa genetik juga memiliki peran. Selain itu, mereka yang obesitas, memiliki kadar kolesterol yang tinggi, memiliki diabetes atau penyakit hati, akan cenderung lebih mudah menderita lipoma.

Berikut beberapa opsi penanganan lipoma yang biasanya dilakukan oleh dokter:

  • Cara konservatif, yang biasanya dilakukan apabila benjolan berukuran kecil dan tidak mengganggu estetika. Dokter akan menjadwalkan Anda untuk kontrol berkala dan mengobservasi benjolan tersebut.
  • Operasi eksisi, yaitu mengangkat lipoma dari tubuh Anda. Biasanya, dilakukan bius lokal atau regional, tergantung apakah lokasi lipoma berada di area persarafan atau tidak.
  • Obat-obatan, seperti penyuntikan obat golongan steroid, yang dilakukan untuk mengecilkan benjolan. Namun, perlu diketahui, hal ini tidak menghilangkan lipoma secara menyeluruh.
  • Sedot lemak juga bisa dilakukan untuk mengecilkan lipoma, karena lipoma terbuat dari jaringan lemak

Jika Anda memiliki lipoma, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis bedah untuk penanganan lebih lanjut. Anda dapat berkonsultasi mengenai penanganan lipoma yang cocok untuk Anda.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Timbulnya masalah ginjal dan jantung ialah salah satu bahaya sedot lemak.

Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh, Apa Saja Risikonya?

Operasi sedot lemak bukanlah metode untuk menurunkan berat badan. Sebelum Anda menjalaninya, ada baiknya memahami berbagai efek samping dan bahaya sedot lemak bagi tubuh.