Bagaimana ciri ciri orang yang mengalami depresi?

UF Info Penanya: UF, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum dokAkhir - akhir ini saya tidak minat melakukan apapun. Saya merasa capek secara psikis dan fisik. Rasanya semua terasa membosankan. Dan semua orang seperti terlihat ingin menyakiti saya. Saya lelah dok. Apa yang sebenarnya menyerang saya dok. Saya seorang introvert tapi masih ada 2 teman yang selalu menemani saya, sekarang saya tidak ada minat lagi sehingga bahkan kedua teman saya tadi tidak terlihat menyenangkan lagi. Saya benar benar berkali - kali ingin bunuh diri. Apa yang harus saya lakukan dok? Saya tidak semangat untuk bergerak. Rasanya bahkan gerakan kecil membuat saya lelah...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, UF.

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih mendalam, merasa tak berdaya dan putus asa. Seseorang dapat dikatakan depresi jika sudah mengalami hal tersebut lebih dari dua minggu. Kondisi ini dapat menganggu hubungan pertemanan, aktivitas sehari-hari, hingga melakukan bunuh diri. Depresi juga dapat mengakibatkan kelebihan berat badan atau penurunan berat badan. 

Ciri-ciri seseorang yang mengalami depresi, ialah:

  • Cemas dan khawatir yang berlebihan.
  • Emosional tidak stabil.
  • Sering merasa putus asa.
  • Selalu merasa sedih dan menyendiri.
  • Selalu merasa lelah dan tak bertenaga.
  • Kehilangan minat untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Kurang nafsu makan.
  • Mengalami pusing dengan penyebab tidak jelas.
  • Keinginan untuk bunuh diri.

Depresi yang tidak segera ditangani dapat berbahaya bagi diri sendiri bahkan orang lain. Depresi dapat dipicu oleh masalah internal maupun eksternal.

Jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kejiwaan (SpKJ) untuk penanganan lebih lanjut. 

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat

 

dr. Riani AZ

Y0
19 Oct 2019, 03:40
Assalamualaikum Dok kenapa Ahir" ini saya lebih suka menyendiri Mls terbuka sama orang banyak saya suka merasa kesepian di tengah keramaiyan, saya sangat merasa saya menjalani semua hal sendiri dan gak ada teman untuk mengadu, saya juga suka sedih sendirian
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.