Bagaimana ciri-ciri bipolar?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, kadang saya sering merasa kesal terhadap sesuatu dan kemudian menjadi tenang kembali dalam beberapa menit. Apakah saya bipolar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Gangguan bipolar merupakan kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis, misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung. 

Penyebab pasti terjadinya gangguan bipolar belum diketahui. Namun, terdapat dugaan bahwa gangguan bipolar merupakan dampak dari adanya gangguan pada senyawa alami yang berfungsi menjaga fungsi otak (neurotransmitter). Gangguan pada neurotransmiter dapat dipengaruhi oleh genetik, sosial, lingkungan dan fisik.

Gejala bipolar terdapat 2 fase mania (naik) dan depresi (turun). Pada periode mania, pengidapnya jadi terlihat sangat bersemangat, enerjik, dan bicara cepat. Sedangkan pada periode depresi, pengidapnya akan terlihat sedih, lesu, dan hilang minat terhadap aktivitas sehari-hari.

Pengobatan yang dilakukan pada orang dengan gangguan bipolar adalah membaur dengan lingkungan, memperbaiki pola hidup, dan bisa juga menggunakan obat-obatan yang di berikan oleh psikiater. Apalagi jika keluhan bertambah buruk dan muncul gejala gangguan mood yang terjadi dalam jangka panjang, merasa agresif dan konfrontasional, memiliki pemikiran untuk bunuh diri, Anda harus segera berkonsultasi lebih lanjut ke psikiater.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala anoreksia yang paling mudah dikenali adalah porsi makan yang sangat sedikit

Kenali Gejala Anoreksia, Si Penyakit Jiwa yang Mematikan

Gejala anoreksia bukan hanya kurus kering. Terdapat beragam indikasi yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari enggan makan, kepercayaan diri yang rendah, rasa takut gemuk yang ekstrem, dan banyak lagi.