Bagaimana ciri asam urat yang tinggi?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Usia saya saat ini 45 tahun, sejak muda saya senang mengkonsumi sayuran hijau dan efeknya sering membuat saya keram pada tangan dan juga kaki. Apakah ini termasuk gejala asam urat dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Asam urat atau Gout merupakan penyakit sendi yang terjadi karena kadar asam urat yang tertinggi di dalam darah. Pada kondisi normal asam urat larut di dalam darah dan keluar melalui urine. Namun pada kondisi tertentu tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih dan mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Gejala dari penyakit asam urat adalah sendi sering sakit, bengkak dan kemerahan, nyeri sendi dan dirasakan panas, kram pada kaki atau tangan. Untuk mendiagnosis asam urat Anda bisa melakukan tes darah hasil tes darah asam urat menunjukan asam urat meningkat hingga 7 mg/dL.

Anda bisa mengatasinya dengan menghindari makanan yang memiliki zat purin tinggi perbanyak konsumsi air putih, hindari kopi dan alkohol, konsumsi buah yang memiliki antioksidan tinggi, rutin berolahraga dan menghindari berat badan berlebih. Jika Anda memiliki beberapa gejala seperti yang di sebutkan di atas, sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit arthritis salah satu penyebabnya adalah faktor genetik

Faktor Genetik Bisa Buat Anda Alami Penyakit Arthritis

Penyakit artritis dalah peradangan yang memengaruhi sendi, jaringan sekitar sendi, dan jaringan ikat. Gejala umumnya adalah nyeri, kaku dan bengkak. Penyebab dari penyakit ini adalah faktor genetik, gangguan sistem imun.