Bagaimana cara untuk menghilangkan jamur di kuku kaki ?

AA Info Penanya: AA, Pria
Dok.minta saran yg manjur.cara menghilangkan jamur kuku di kaki bagaimana...??kuku saya semakin hitam sering di potong malah tetepp hitam.semoga saya dapat jalan (obat) dari anda.terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi. AA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Jamur kuku atau infeksi jamur pada kuku dikenal dengan onikomikosis dalam bahasa medis. Kondisi ini dapat merubah bentuk dan warna kuku, menimbulkan rasa ketidaknyamanan hingga rasa nyeri, membuat kuku menjad rapuh dan dapat pula disertai bau.

Beberapa keadaan dapat meningkatkan risiko untuk seseorang terinfeksi jamur, seperti keadaan lembab pada jari-jari kaki dan kuku, melemahnya siste kekebalan tubuh pada kondisi medis tertentu, serta peredaran darah yang kurang lancar.

Mengenai keluhan Anda, apabila telah berlangsung lama dan tidak jug akunjung membaik, maka sebaiknya Anda memeriksakan langsung kondisi tersebut kepada dokter, sehingga Anda mendapatkan penanganan yang tepat sebelum timbulnya kerusakan yang lebih parah pada kuku Anda.

Dokter akan memberikan resep obat anti jamur sesuai dengan tingkat keparahan infeksi, dari mulai obat antijamur topikal hingga obat antijamur oral.

Sebelum menemui dokter Anda dapat melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan tea tree oil pada bagian kuku yang terinfeksi. Tidak lupa untuk senantiasa menjaga bagian yang terinfeksi agar tetap kering dan tidak lembab.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Khasiat bawang dayak populer sebagai obat herbal di Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah

Khasiat Bawang Dayak untuk Obati Penyakit Kulit Akibat Bakteri dan Jamur

Digunakan sebagai obat tradisional secara turun-temurun oleh masyarakat lokal di Kalimantan, beberapa penelitian ilmiah mencoba membuktikan khasiat bawang dayak yang diklaim oleh pengobatan tradisional.