Bagaimana cara tepat mengolah ubi ungu?

RS Info Penanya: RS
Hi dok, saya terkadang bingung, apa sih bedanya ubi biasa dengan ubi ungu? dan seperti apa pengolahannya yang sehat.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RS,

Ubi adalah salah satu bahan pangan dari kelompok umbi-umbian yang kaya nutrisi. Selain sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, ubi juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti:

  • Kaya serat
  • Kaya vitamin seperti vitamin C, vitamin B kompleks
  • Mengandung mineral seperti fosfor dan kalsium
  • Sumber kalori
  • Antioksidan

Jenis keluarga umbi-umbian sendiri cukup beragam seperti singkong, ubi jalar, ubi ungu, kentang dan lainnya. Perbedaan ubi biasa dengan ubi ungu sendiri tampak dari warna. Dimana ubi ungu atau yang terkenal dengan istilah taro memiliki warna yang lebih gelap dan keunguan.

Manfaat ubi ungu sendiri beragam, mulai sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, mencegah kanker, meningkatkan fungsi kesehatan penglihatan, menjaga pencernaan karena kandungan seratnya dan membantu memproduksi bakteri baik untuk pencernaan, meningkatkan fungsi otak.

Seperti jenis ubi lain, ubi ungu juga bisa diolah dalam berbagai olahan masakan. Baik diolah langsung dengan cara direbus, digoreng atau dikukus. Ataupun bisa diolah menjadi tepung untuk bahan makanan lain seperti dijadikan mie, makanan ataupun minuman. Untuk itu jangan ragu untuk mulai mengonsumsi umbi-umbian sebagai alternatif sumber karbohidrat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kacang pistachio memiliki banyak manfaat, salah satunya menjaga kestabilan gula darah.

10 Manfaat Kacang Pistachio, Si Hijau yang Serbaguna untuk Kesehatan

Kacang pistachio memang memiliki tekstur yang berbeda dari kebanyakan kacang pada umumnya. Namun jangan salah, kacang pistachio menawarkan segudang manfaat yang sudah terbukti secara ilmiah!