01 Feb 2021, 21:14Kulit & Kelamin

Apa penyebab beruntusan dan bagaimana penanganannya?

AA
Info Penanya: AA0
Hii dok, saya ingin bertanya. Baru baru ini saya memiliki masalah kulit yaitu bruntusan di dahi yg awalnya tdk terlalu parah dan jumlahnya hanya sedikit. Bbrp hari yg lalu saya menggunakan skincare yg mengandung aha/bha berbarengan dengan skincare yg mengandung salicylic acid dan vit c, lalu bruntusan di dahi semakin parah dan tekstur kulit terasa lebih kasar. Tipe kulit saya normal to dry mendekati sensitif. Kirakira bagaimana cara mengatasinya ya dok?
144 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaBeruntusan adalah kondisi adanya bentol-bentol kecil pada kuli wajah. Beruntusan ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kulit, mulai dari jerawat, infeksi dan peradangan kulit atau bahkan karena ketidak cocokan dalam menggunakan produk perawatan kulit tertentu.

Beberapa penyebab dari beruntusan di wajah diantaranya adalah:

  • Jerawat
    Bisa menggunakan krim retinoid, benzoil peroxida, atau dengan bahan alami untuk membantu mengatasi jeawat.
  • Dermatitis
    Menggunakan pelembab dan krim kortikosteroid
  • Whitehead komedo
  • Milia
    Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat ataupun eksfoliator, dan juga beberapa cara alami seperti rutin membrsihkan wajah dan memberikan uap hangat.
  • Purging akibat menggunakan produk perawatan kulit tertentu
Penatalaksanaan berupa tindakan dan pengobatan yang akan dilakukan untuk mengatasi beruntusan pun akan berbeda berdasarkan penyebabnya. Selain itu perlu juga dibedakan antara purging ataupun breakout terlebih Anda telah menggunakan produk perawatan kuilt yang termasuk eksfoliator dimana bisa memicu kondisi tersebut. Untuk itu, lakukanlah konsulatsi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat agar Anda mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda saat ini.Usahakan Anda tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, hindari stres dan kelelahan, konsumsi sayur dan buah, minum air cukup, gunakan pelembaba agar kulit tidak kering dan gunakan sun screen pada pagi dan siang hari agar kulit tejaga dari paparan sinar matahari.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
perawatan kulitjerawatperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil