21 Sep 2020, 21:48Penyakit Lainnya

Bagaimana cara perhitungan kalkulator kalori yang benar?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi ibu dokter, saya sedang merencanakan diet untuk berat badan yang ideal, tapi saya masih bingung dengan kalkulator kalori yang benar. Boleh diinfo dok?
346 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Kalori adalah satuan energi, dan menjadi hal yang penting saat program menaikkan, menurunkan, atau menjaga berat badan agar tetap ideal. Pada prinsipnya, apabila kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibakar, maka berat badan akan naik. Sebaliknya, apabila kalori yang masuk lebih sedikit, maka berat badan akan turun.Kebanyakan wanita membakar sekitar 2000 kalori per hari. Akan tetapi, angka tersebut hanya bersifat rata-rata, sehingga Anda bisa membakar lebih banyak atau sedikit. Apabila Anda ingin menghitung pembakaran kalori Anda, berikut langkah termudah untuk menghitungnya:
  • Hitung BMR (Basal Metabolic Rate), yaitu kalori yang terbakar saat tidak beraktivitas dengan rumus untuk wanita sebagai berikut: 447,593 + (9,247 x berat badan) + (3,098 x tinggi badan) - (4,330 x usia)
  • Setelah itu, kalikan angka tersebut dengan faktor aktivitas, mulai dari 1,2 untuk aktivitas rendah, sampai 1,9 untuk aktivitas fisik berat atau rutin berolahraga
  • Angka terakhir yang dihasilkan adalah rata-rata perkiraan kalori yang Anda bakar setiap harinya
Akan tetapi, angka tersebut tidak 100% akurat, karena masih ada faktor-faktor yang juga memengaruhi seperti kadar lemak tubuh, massa otot, kondisi penyakit tertentu, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut terkait penghitungan kalori, berkonsultasilah kepada dokter spesialis gizi.Namun, secara umum, berikut hal-hal terkait kalori yang dapat Anda lakukan untuk dapat menurunkan berat badan:
  • Mengonsumsi sayur minimal setengah piring saat makan, karena sayur tergolong rendah kalori 
  • Mengurangi makanan tinggi kalori, seperti keripik kentang atau donat
  • Menghindari kebiasaan mengemil di luar waktu makan
  • Minum air putih yang mengandung nol kalori, tapi dapat memicu rasa kenyang
  • Usahakan total makanan dalam sehari adalah 500 kalori lebih rendah dari yang dibakar
Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tips dietmenurunkan berat badanmembakar kalori
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil