Bagaimana cara penyakit kelenjar TBC cepat sembuh?

S0 Info Penanya: S0, Pria, 2019 Tahun
“ Dokter, saya ingin bertanya…penyakit gelenjar tbc supaya cepet sembuh gimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Radang kelenjar dapat sembuh dengan mengatasi infeksinya. Sayangnya penyebab infeksi adalah bakteri penyebab tuberkulosa. Kuman mycobacterium termasuk kuman yang paling keras kepala dan sulit disembuhkan. Sehingga antibiotik yang digunakan khusus untuk mycobacterium dan dalam bentuk kombinasi serta memerlukan penggunaan dalam waktu yang cukup lama untuk mengatasinya.

Bagaimana cara supaya cepat sembuh? Anda harus rajin minum obatnya tergantung regimen yang anda gunakan bisa untuk 6 bulan atau 9 bulan. Bila anda lupa atau tidak teratur minum obatnya bisa mengakibatkan resistensi terhadap antibiotiknya sehingga dimulai lagi dari awal dengan antibiotik yang lain (yang lebih kuat dan otomatis lebih mahal). Kondisi fisik juga harus dijaga, dari istirahat yang cukup, makan yang teratur dan bergizi. Tuberkulosis bisa disembuhkan tapi prosesnya tidak instan dan memerlukan kedisiplinan anda sendiri. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.