Bagaimana cara penuhi kebutuhan cairan saat DBD?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter, anak saya sudah 2 hari terlihat seperti gelaja DBD. Saya dengar, cairan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Cairan seperti apa ya dok yang dibutuhkan penderita DBD?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Demam berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan virus Dengue, yang penularannya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Kasus penyakit ini seringkali meningkat saat musim penghujan.

Gejala DBD yang sering muncul adalah:

  • Demam tinggi.
  • Nyeri pada persendian dan otot.
  • Mual muntah.
  • Sakit kepala.
  • Muncul bintik-bintik kemerahan pada kulit.
  • Mimisan dan gusi berdarah akan terjadi bila sudah fase lanjut.

Pada demam berdarah memang benar akan terjadi kebocoran plasma dari pembuluh darah, sehingga darah akan lebih mengental yang ditandai dengan peningkatan kadar hematokrit sebanyak 20% dari nilai normal. Selain itu juga ditandai kadar trombosit yang menurun sampai di bawah 100.000 per mikroliter. Sehingga tercukupinya kebutuhan cairan tubuh sangat diperlukan untuk mempercepat kesembuhan DBD.

Trik memenuhi kebutuhan cairan saat DBD:

  1. Banyak minum air putih. Selain air putih, juga diperbolehkan minum minuman seperti jus agar lebih segar di mulut, karena pada orang yang sakit seringkali napsu makan menjadi menurun.
  2. Makan makanan berkuah.
  3. Banyak makan buah yang banyak airnya seperti semangka, melon.

Lakukan pemeriksaan ke dokter anak bila dalam waktu 3 hari masih demam. Biasanya dokter akan memberikan surat pengantar untuk pemeriksaan darah lengkap guna memastikan penyebab penyakitnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala DBD, termasuk bintik-bintik merah, punya derajat atau tingkat keparahan yang perlu diperhatikan

Waspadai Perubahan Gejala DBD Ini Berdasarkan Derajatnya

Curah hujan tinggi membawa masalah tahunan yang selalu dikhawatirkan masyarakat Indonesia, yaitu demam berdarah dengue (DBD). Gejala DBD memiliki tingkatan atau derajat yang perlu diperhatikan, sebab hal tersebut menandakan tingkat keparahan penyakit DBD yang sedang diderita.