Bagaimana cara pengobatan tuberkulosa (TBC) ?

B Info Penanya: B, Pria, 39 Tahun
saya batuk2 dok .hb darah turun dok. susah bernafas dok. batuk keluarkan lendir dok.hasil ronseng penyakit tbc dok.cara penyembuhannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, BK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Infeksi TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosa, dengan keluhan batuk-batuk lebih dari 3 minggu, keringat malam, pembesaran kelenjar getah bening, dan lainnya. Efek penyakit kronis menyebabkan hemoglobin (Hb) darah turun karena metabolismenya lebih cepat untuk melawan proses infeksi. Bila sampai ada gangguan nafas seperti sesak nafas kemungkinan anda sudah cukup lama menderitanya.

Cara pengobatannya untuk menggunakan 3 macam antibiotik pada kasus TBC pertama untuk kasus TBC ulang kemungkinan antibiotiknya diganti dan ada yang diberikan dalam bentuk suntikan karena kuman TBC cepat membuat kekebalan tubuh. Bila anda ingin sembuh, anda harus disiplin dalam minum obatnya. Anda bisa konsultasi kembali dengan Dokter Spesialis Paru untuk informasi lebih detil dan tatalaksana yang sesuai kondisi anda. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.