Bagaimana cara penanganan tergigit kucing?

JO Info Penanya: JO, Pria, 29 Tahun
Bagaimana cara penanganan tergigit kucing dan apakah resikonya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JO,

Kucing adalah salah satu hewan mamalia yang sering menjadi hewan peliharaan ataupun banyak terdapat di area perumahan. Hewan mamalia sendiri memiliki risiko sebagai pembawa beberapa penyakit seperti infeksi kutu, infeksi virus rabies dan lainnya yang bisa menular melalui gigitan, cakaran, sentuhan dengan hewan tersebut ataupun melalui paparan kotoran yang mencemari.

Apabila terkena gigitan kucing perlu segera dilakukan penanganan dimana yang paling utama adalah cuci dengan air mengalir dan sabun atau antiseptik selama kurang lebih 10-15 menit dengan cara terus dicuci dan digosok. Setelah itu segera datang ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan penilaian dan perawatan luka. Tidak jarang jika hewan adalah hewan liar dan berada di daerah yang berisiko terjadi penularan rabies maka perlu dilakukan pemberian serum antirabies atau vaksin antirabies tergantung dari jenis risiko luka dan hewan yang menggigit. Selain rabies, risiko lain dari luka adalah infeksi tetanus.

Untuk itu segera periksakan pada dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.