Bagaimana cara organ intim tetap keset dan tidak bau

TW Info Penanya: TW, Wanita, 25 Tahun
Dok gimana ya supaya organ intim kita itu keset dan gak bau
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TW

Kunci untuk menjaga organ intim tetap keset atau tidak berbau adalah menjaga higienitas dan kesehatannya. Anda tidak perlu sering-sering melakukan douching karena akan mematikan flora normal yang ada di dalamnya. Flora normal akan diganti oleh bakteri yang bisa menyebabkan keputihan dan bau tidak sedap. Anda cukup membersihkan di luar saja dengan sabun, dan cairan vagina anda akan membersihkan sisa jaringan dan kuman sehingga akan tetap bersih. 

Bila cairan makin banyak dan meninggalkan bekas di pakaian dalam maka keputihan anda sudah melebihi normal dan mungkin ada faktor infeksi yang berperan. 

Selain higienitas diri jangan lupa pasangan anda sebelum beraktivitas bersama diminta untuk bersih-bersih dulu ya. Kalau mau yang lebih eksklusif ada perawatan vaginal spa yang biasa dilakukan calon pengantin. Namun bila anda merasa sangat gatal dan ada bau tidak sedap sebaiknya evaluasi dengan Dokter Kandungan dahulu untuk diberikan terapi yang tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi