04 Mar 2021, 14:27Kandungan

Apa yang harus dilakukan jika lupa minum Pil KB menyusui ?

IO
Info Penanya: IO0
Siang dok. Sya mau nanya kemarin sya lupa minum pil kb laktasi dan hari ini saya haid.apa yg sya harus lakukan dok. Dan bagaimana cara minumnya kembali. Trima ksih dok
461 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, D.Salah satu alat kontrasepsi yang dapat digunakan oleh ibu menyusui karena tidak mempengaruhi ASI adalah pil KB. Pil KB menyusui mengandung hormon progestin yang dapat mencegah kehamilan dengan mengentalkan saluran reproduksi wanita, menipiskan dinding rahim dan menghambat terjadinya ovulasi.

Apa yang harus dilakukan jika lupa minum Pil KB menyusui ?

Pil KB menyusui sebaiknya dikonsumsi setiap malam hari sebelum tidur dan jam yang sama. Gunakan alarm sebagai pengingat agar Anda tidak terlupa. Jika Anda lupa untuk minum pil KB menyusui, segera minum pil KB saat itu juga. Jika Anda ingat keesokan harinya, maka minum 2 pil KB sekaligus. Jika Anda lupa minum pil KB menyusui selama 2 hari berturut-turut maka minum 2 pil KB pada hari itu dan 2 pil KB lagi keesokan harinya.Jika Anda lupa minum pil KB selama 1 minggu dan melakukan hubungan seksual maka kehamilan dapat terjadi karena kesuburan yang ada cepat kembali. Anda yang sedang menstruasi saat ini sebaiknya menggunakan pil KB menyusui yang baru sesuai jadwal menstruasi Anda.Apabila Anda sering terlupa mengkonsumsi pil KB menyusui dan takut akan terjadi kehamilan sebaikya ganti alat kontarsepsi yang tidak mengangung hormon dan tidak menganggu produksi ASI seperti IUD. Konsultasi bersama dokter spesialis kandungan untuk cara penggunaan dan efek samping apa saja yang ditimbulkan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil