Bagaimana cara meredakan nyeri pada bisul?

RO Info Penanya: RO, Pria, 19 Tahun
Cara menghilangkan rasa nyeri pada bisul ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RO.

Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang terasa nyeri dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus Aureus. Bisul dapat menghasilkan nanah berwarna putih kekuningan yang dan timbul nyeri. Bisul dapat berada dimana saja, terutama pada leher, ketiak, wajah, pantat, dan paha. Setiap orang mempunyai bakteri pada kulitnya masing-masing. Bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi hanya apabila masuk ke dalam aliran darah melalui luka terbuka atau garukan. Ketika bakteri tersebut sudah di dalam darah, sistem imun tubuh akan melawan dan menghasilkan bisul. 

Bisul biasanya akan berlangsung selama 2 hari – 2 minggu, Kompres hangat dapat membantu mempercepat pecahnya bisul dan meredakan rasa nyeri. Jika diperlukan,mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen juga dapat dilakukan.

Semoga lekas membaik.

Salam sehat.

 

dr. Riani AZ

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit sensitif adalah gangguan kulit yang mudah didiagnosis oleh dokter dan dapat dilakukan perawatan

4 Penyakit Kulit pada Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Ternyata, ada sejumlah penyakit kulit yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Setiap jenis penyakit kulit tersebut membutuhkan langkah perawatan tersendiri. Mulai dari kulit kering, hingga photodermatoses.