Bagaimana cara meredakan nyeri pada bisul?

RO Info Penanya: RO, Pria, 19 Tahun
Cara menghilangkan rasa nyeri pada bisul ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RO.

Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang terasa nyeri dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus Aureus. Bisul dapat menghasilkan nanah berwarna putih kekuningan yang dan timbul nyeri. Bisul dapat berada dimana saja, terutama pada leher, ketiak, wajah, pantat, dan paha. Setiap orang mempunyai bakteri pada kulitnya masing-masing. Bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi hanya apabila masuk ke dalam aliran darah melalui luka terbuka atau garukan. Ketika bakteri tersebut sudah di dalam darah, sistem imun tubuh akan melawan dan menghasilkan bisul. 

Bisul biasanya akan berlangsung selama 2 hari – 2 minggu, Kompres hangat dapat membantu mempercepat pecahnya bisul dan meredakan rasa nyeri. Jika diperlukan,mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen juga dapat dilakukan.

Semoga lekas membaik.

Salam sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggunakan krim pencerah kulit dapat memudarkan flek hitam di wajah

Hilangkan Flek Hitam di Kulit dengan Cara yang Tepat Berikut Ini

Sebagian orang menganggap bahwa flek hitam dapat mengganggu penampilan. Ada berbagai cara menghilangkan flek hitam yang bisa menjadi pilihan, mulai dari pemakaian krim perawatan, hingga prosedur medis dengan laser. Sebenarnya, flek hitam dapat dicegah dengan menggunakan tabir surya setiap ingin keluar ruangan. Tabir surya berguna untuk menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari.