Bagaimana cara menyembuhkan sinusitis yang sering kambuh?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Siang bpk/ibu dokter. saya mira dgn 3 anak. udah ampir satu tahun saya sinus ga sembuh-sembuh. saking banyaknya lendir saya sampe susah buat ngomong sama nelen. tiap hari kepala nyeri rasanya minum obat sembuhnya cuma sementara aja lalu kambuh lagi. gimana cara nyembuhin sinus ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sinusitis adalah suatu keadaan peradangan pada rongga sinus (rongga di sekitaran saluran hidung) dan sangat mengganggu drainase sehingga lendir menumpuk dan kesulitan untuk bernafas. Penyebab sinusitis adalah bakteri, virus, reaksi alergi yang dimana kondisi tersebut menyebabkan sinus mengeluarkan lendir yang banyak dan menumpuk. Faktor resiko yang menyebabkan sinusitis adalah alergi, infeksi gigi, refluks asam lambung, dan anatomi hidung.

Cara mengobati sinusitis adalah:

Jika kasusnya akut, maka dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi bisa juga dengan:

  • Semprotan nasal saline (cairan garam)
  • Kortikosteroid nasal
  • Dekongestan
  • Pereda nyeri
  • Antibiotik
  • Imunoterapi

Jika kasusnya kronis, maka pengobatannya sama dengan yang akut, tetapi ada tambahan terapi yaitu kortikosteroid oral atau suntik dan operasi.

Jika sinusitis akut, dapat disembuhkan dengan obat-obatan di atas. Sedangkan pada kasus sinusitis kronis, biasanya akan dilakukan tindakan operasi karena keadaan ini sangat mengganggu aktivitas dan kualitas hidup seseorang. Tetapi, untuk memastikan apakah kasus sinusitis yang Anda derita akut atau kronis, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar dapat ditindaklanjuti dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lubang kecil di telinga atau preauricular pit muncul sejak lahir namun hanya sedikit orang yang memilikinya

Lubang Kecil di Telinga Atau Preauricular Pit, Bawaan Lahir yang Tidak Berbahaya

Lubang kecil di telinga atau preauricular pit tidak berbahaya, namun jika terinfeksi perlu ditangani dengan antibiotik. Biasanya lubang kecil ini muncul sejak lahir namun hanya sedikit orang yang memilikinya.