Bagaimana cara menyembuhkan paru paru basah?

IT Info Penanya: IT, Pria, 18 Tahun
Dok maaf nih saya ingin bertanya. Bagaimana cara mengatasi gejala paru-paru basah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IT,

Paru-paru basah adalah gangguan pada saluran pernapasan terutama organ paru dimana ada beberapa penyakit yang dikaitkan dengan istilah paru-paru basah yaitu infeksi paru atau pneumonia atau efusi pleura dimana adanya cairan pada area antara rongga dada dan paru-paru.

Jika yang dimaksud adalah pneumonia maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pemberian pengobatan untuk mengatasi penyebab infeksi baik karena virus, bakteri atau jamur. Gaya hidup juga perlu diperhatikan karena beberapa diantaranya bisa memicu timbulnya pneumonia seperti kebiasaan merokok atau terkena paparan asap rokok, debu, ac, dan polutan, tidak menggunakan pelindung terutama jika berkendara menggunakan motor yang bisa membuat lebih rentan terkena infeksi, mendertia penyakit lain seperti diabetes.

Jika yang dimaksud adalah efusi pleura maka penangananya adalah dengan melakukan penanganan pada kondisi kesehatan yang menimbulkan penumpukan cairan. Jika cairan cukup banyak dan membuat sesak sampai sulit bernapas maka bisa dilakukan tindakan untuk mengurangi cairan di lapisan pleura tersebut. Untuk itu perlu dipastikan apa penyebabnya dengan memeriksakan diri pada dokter spesialis paru dan mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.