22 Sep 2019, 02:20Kulit & Kelamin

Bagaimana Cara Menyembuhkan Jamur di Daerah "Miss V"?

IH
Info Penanya: IH, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya.. Bagaimana cara menyembuhkan area miss v yang terkena jamur? Saya sudah pakai salep dan minum obat dari apotek tapi tak kunjung sembuh, sedangkan ketika saya ingin BAK rasanya sakit sekali, untuk duduk dan tidurpun saya harus cari posisi nyaman dulu.
41074 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Annissa Fadila
(0)
Selamat malam.Terimakasih IH atas pertanyaan yang diberikan kepada Tim SehatQ.Berdasarkan pertanyaan yang diajukan, apakah yang dimaksud dengan terkena jamur ialah keputihan?Kondisi keputihan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Ada yang sifatnya normal (seperti saat menjelang haid ataupun awal kehamilan)  dan ada yang tidak.Kapan kondisi keputihan dikatakan tidak normal?1. Saat jumlahnya berlebihan.2. Saat terdapat keluhan lain seperti gatal,sensasi terbakar atau panas,ataupun nyeri.3. Saat warnanya berubah kecoklatan, kuning, ataupun kehijauan.Lalu apa saja yang dapat menyebabkan kondisi keputihan?1. Infeksi JamurInfeksi jamur dapat terjadi ketika terjadi ketidakseimbangan kuman normal pada daerah kewanitaan. hal itu dapat dipicu oleh pemakaian antiseptik di daerah V secara berlebihan, higienitas yang kurang, serta kondisi lembab. Biasanya keputihan akibat infeksi jamur disertai dengan rasa gatal.2. Bacterial VaginosisBukan hanya infeksi jamur, ketidakseimbangan kuman normal pada daerah kewanitaan juga memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit. Biasanya disertai dengan bau amis.3. Infeksi Menular SeksualBerganti-ganti pasangan seksual merupakan salah satu faktor risiko keputihan. Pada keputihan yang diakibatkan oleh infeksi menular seksual biasanya berwarna kuning kehijauan. Rasa nyeri dan panas seperti terbakat biasanya dirasakan. Paling sering disebabkan oleh gonore dan trikomoniasis.4. KankerGejala awal dari kanker pada reproduksi wanita biasanya ialah keputihan. Biasanya keputihan akibat kanker disertai dengan menstruasi tidak teratur dan bercampur darah.Dari banyaknya penyebab yang telah disebutkan, penting untuk mengetahui pasti apa penyebab dari keputihan Anda sebelum mengonsumsi obat-obatan tanpa instruksi dari dokter.  Setelah penyebab diketahui, terapi selanjutnya dapat direncanakan oleh dokter dengan baik.Lalu apa yang bisa dilakukan sebagai pencegahan?
  • Jagalah kebersihan daerah kewanitaan anda.
  • Keringkanlah daerah kewanitaan anda setiap setelah terkena air.
  • Ganti celana dalam anda setiap terkena basah ataupun lembab. Serta pakailah celana dalam yang tidak terlalu ketat agar tidak lembab.
  • Jangan terlalu sering menggunakan pembersih daerah kewanitaan.
  • Setialah pada satu pasangan anda, berganti-ganti pasangan seksual meningkatkan risiko infeksi menular seksual. Gunakan kondom untuk menghindari penularan infeksi menular seksual.
  • Periksakan diri anda ke dokter secara teratur untuk kesehatan daerah kewanitaan anda.
Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.Salam Sehat,dr. Annissa Fadila
infeksi jamurpenyakit menular seksualkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil