Bagaimana cara menyembuhkan gusi berdarah?

DP Info Penanya: DP, Pria, 2020 Tahun
Selamat malam dokter, saya ingin bertanya. Gigi saya terbilang tidak rata dan gingsul, akhir-akhir ini gusi sering berdarah ketika bangun tidur dan cuci muka (karna menekan-nekan wajah) dan itu hampir tiap hari. Apa yang harus saya lakukan ya dok? Apa perlu scalling saja atau bahkan memasang behel? Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP,

Gusi berdarah adalah kondisi yang bisa ditimbulkan oleh beberapa hal seperti adanya trauma pada gusi baik saat menyikat gigi ataupun karena terkena makanan dan lainnya, adanya karang gigi, adanya peradangan pada gusi, infeksi gigi dan gusi, kurang asupan nutrisi terutama vitamin C dan K, adanya perubahan hormonal, adanya kondisi penyakit lain seperti gangguan darah, diabetes dan lainnya.

Untuk itu perlu diperhatikan apa pemicu gusi sering berdarah dan periksakan pada dokter gigi. Jika ada karang gigi maka akan dilakukan scalling. Gigi yang tidak rata sendiri sebenarnya bukan penyebab langsung dari gusi berdarah, tetapi jika merasa mengganggu penampilan maka bisa dilakukan pemeriksaan untuk selanjutnya diberikan opsi untuk pemasangan kawat gigi

Upayakan menyikat gigi dengan sikat gigi yang lembut dan dengan cara yang tepat, hindari makan terlalu cepat ataupun makanan yang keras dan bisa melukai gusi, berkumur dengan obat kumur, dan segera periksakan pada dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gusi bengkak pada anak dapat disebabkan oleh abses gigi dan radang gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak pada Anak yang Efektif dan Tepat

Cara mengobati gusi bengkak pada anak yang efektif, haruslah sesuai dengan penyebab awalnya. Gusi bengkak pada anak, bisa disebabkan oleh abses gigi maupun radang gusi.