Bagaimana cara menyembuhkan buta warna?

DS Info Penanya: DS
Bagaimana cara menyembuhkan teman yang buta warna?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Buta warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk membedakan warna. Buta warna sendiri ada beragam jenisnya, pembagian besarnya adalah buta warna parsial dan buta warna total. Untuk buta warna parsial atau sebagian sendiri lebih banyak lagi jenisnya tetapi secara garis besar dibedakan buta warna parsial merah-hijau dan buta warna parsial biru-kuning.

Gejala yang timbul sendiri adalah kesultian untuk membedakan warna, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan seseorang tersebut bisa beradaptasi sehingga bisa tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Tetapi untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu tidak diperbolehkan karena bisa membahayakan.

Buta warna sendiri tidak bisa disembuhkan kecuali buta warna yang berkaitan dengan paparan zat tertentu dan sifatnya yang reversible atau dapat kembali normal setelah paparan dihentikan. Sarankan pada teman Anda untuk memeriksakan diri pada dokter mata agar dilakukan pemeriksaan dan juga penanganan lebih lanjut salah satunya diberikan saran dalam pemilihan karir kedepannya. Semoga bermanfaaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko mata kering pada lansia dapat diatasi dengan mengonsumsi sayur dan buah 5-9 takaran per hari

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Mata Kering pada Lansia

Mata kering dan berbagai gangguan mata lain dapat terjadi pada lansia. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, berhenti merokok, dan rutin menjalani pengecekan mata.