10 Sep 2020, 10:44Jantung

Bagaimana cara menurunkan tensi tanpa gejala?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter, tadi pagi saya mencoba tensi dan ternyata tensi saya 170/90, ini cukup tinggi kan ya dok? padahal selama ini saya tidak pernah merasa pusing, mual, ataupun gejala hipertensi lainnya. Apakah ini tanda bahaya? apa yang harus saya lakukan dok?
1808 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi L,Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang melebihi nilai normal yakni untuk ukuran orang dewasa di atas 120/80. Hal ini bisa disebabkan faktor turunan atau pola hidup yang tidak baik. Pola hidup seperti sering mengonsumsi makanan asin, berlemak, banyak minum kopi dan alkohol, sering merokok dan bergadang, tingkat stres yang tinggi akan menyebabkan tekanan darah seseorang akan naik.Bila tekanan darah Anda mencapai 170/90 maka sudah termasuk tinggi dan memerlukan terapi dengan obat anti hipertensi, selain tentunya menjaga pola makan dan hidup yang baik. Karena bila tekanan darah ini dbiarkan tinggi maka akan berdampak pada pembuluh darah jantung, otak serta ginjal.Dan tekanan darah ini bisa saja muncul tanpa gejala pusing, leher kaku, dll sehingga untuk orang di atas 30 tahun sebaiknya rutin melakukan pengukuran tekanan darah setiap 3-6 bulan sekali untuk deteksi dini.

Yang perlu Anda lakukan agar tekanan darah Anda bisa turun adalah:

  • Hindari makanan asin, berlemak serta jeroan.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Usahakan berat badan seideal mungkin.
  • Hindari stres.
  • Tidak merokok dan jangan bergadang.
  • Minum obat tekanan darah tinggi secara teratur.
Lakukan kontrol tekanan darah secara berkala ke dokter untuk memantau tekanan darah Anda, setidaknya setiap 2 minggu sekali untuk menyesuaikan dosis obatnya.Salam sehat,dr. Vina 
hipertensitekanan darah tinggistroke
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil