Bagaimana cara menurunkan panas anak?

K Info Penanya: K
Halo dok selamat sore.... Bagai mana menurunkan panas anak usia 1,7 th.Dri pagi tadi panas nda turun2.Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore K,

Demam pada anak adalah gejala yang ditandai dengan kenaikan suhu tubuh diatas 37,5 derajat celsius. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan dengan termometer untuk mengetahui penyebabnya. Demam sendiri bisa timbul karena beragam penyebab seperti infeksi virus, bakteri, parasit, pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, saluran kemih, kondisi pasca imunisasi, kurang cairan dan lainnya.

Untuk menurunkan demam pada anak dapat dilakukan beberapa cara seperti memberikan anak lebih banyak minum, kompres anak dengan air biasa atau air hangat di lipatan-lipatan tubuhnya. Jika tidak mereda perlu diberikan obat penurun panas seperti paracetamol dengan dosis sesuai anjuran atau dengan memeriksakan anak pada dokter atau dokter anak. Jika demam terlalu tinggi, dapat berisiko memicu kejang demam pada anak untuk itu perlu diperhatikan.

Jika demam tidak membaik dalam 2 hari, demam diatas 39 derajat, anak mengeluhkan sakit kepala, muntah, diare, sesak atau anak timbul tanda dehidrasi maka perlu segera mendapatkan penanganan di fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ini dia nama obat demam yang bisa Anda beli secara bebas di apotek

Pilihan Obat Demam yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Ada beberapa jenis obat demam atau obat penurun panas yang bisa Anda beli secara bebas di apotek, seperti paracetamol, ibuprofen, naproxen, dan aspirin. Namun, tidak semua orang yang demam perlu mengonsumsi obat. Sebenarnya, syarat dan ketentuan yang perlu diikuti jika Anda mengalami kenaikan suhu tubuh.