04 Oct 2021, 13:56Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengurangi trigleserida dan asam urat yang tinggi ?

CA
Info Penanya: CA0
Dok, saya tadi tes gula darah puasa, gula 2jpp, hati (SGOT, SGPT), ginjal ( Ureum, kreatinin, asam urat), dan total lemak (Kolesterol, trigliserida, LDL, HDL). Ada 2 hal yang tinggi, yaitu Trigliserida senilai 221 dan Asam Urat senilai 9,7. Lain daripada itu Normal semua. Bagaimana cara saya mengurangi kedua hal yang tinggi itu dok? Saya juga mengalami sakit kepala seperti menusuk-nusuk di kepala atas dan bawah setiap hari. Apa itu akibat dari 2 hal itu dok? Laki-laki, 23 thn.
271 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, C.Pemeriksaan kesehatan seharusnya rutin dilakukan. Pemeriksaan kesehatan dapat mendeteksi penyakit pada tubuh sehingga dapat segera diatasi. Terkadang penyakit di tubuh tidak menimbulkan gejala hingga memicu komplikasi.

Bagaimana cara menurunkan trigleserida dan asam urat yang tinggi ?

Anda yang baru melakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes gula darah puasa, gula 2jpp, hati (SGOT, SGPT), ginjal (ureum, kreatinin), asam urat dan total lemak (kolesterol, trigliserida, LDL, HDL). Ada 2 hal yang tinggi, yaitu trigliserida senilai 221 dan asam urat senilai 9,7. Hasil pemeriksaan lain dalam batas normal.Cara mengurangi trigleserida dan asam urat antara lain :
  • Kurangi makanan berlemak.
  • Kurangi makanan yang digoreng terutama menggunakan minyak bekas berulang kali.
  • Perbanyak makanan berserat.
  • Lakukan olahraga.
  • Kurangi makanan mengandung purin seperti jeroan, tahu, tempe, kacang, sarden.
  • Menjaga berat badan ideal.
Untuk obat spesifik untuk trigleserida dan asam urat harus melalui resep dokter.

Apa yang menyebabkan sakit kepala seperti ditusuk-tusuk ?

Penyebab sakit kepala seperti ditusuk-tusuk yang Anda alami bisa karena trigleserida yang tinggi atau sebab lain seperti peningkatan tekanan darah, anemia, kurang istirahat, stress, gangguan pada mata berupa mata minus dan silinder. Anda dapat mengkonumsi obat nyeri seperti ibuprofen maupun parasetamol dan pijat ringan kepala untuk mengurangi keluhan.Jika keluhan tidak membaik maka lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asam uratkolesterolpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil