Bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Malam dokter, saya ingin sekali punya BB yang ideal. Saat ini berat badan saya 67 padahal tinggi cuma kg dok. Bagaimana ya dok cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa saya lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WI.

 

Memiliki berat badan yang ideal tentunya sangat diinginkan. Selain badan menjadi bugar, berat badan yang ideal tentunya menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Cara pengaturan pola makan sangat berperan penting dalam proses penurunan berat badan. Selain itu bagi orang yang ingin diet untuk menurunkan berat badan dibutuhkan juga komitmen yang kuat karena jika tidak semua akan sia-sia dilakukan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi porsi makan menjadi setengah saja dari porsi biasanya. Dengan memotong asupan kalori seperti karbohidrat, protein dan gula. Sayur dan buah tetap 1 porsi.
  2. Makan makanan yang rendah kalori namun tinggi serat. Contohnya sayuran yang berdaun hijau, telur, ikan dan kacang-kacangan. Makanan tinggi serat contohnya buah dan biji-bijian.
  3. Mengonsumsi protein ketika sarapan pagi. Protein diketahui dapat mengatur hormon yang berkaitan dengan nafsu makan sehingga dapat menciptakan efek kenyang. Contohnya gandum dan telur.
  4. Apabila Anda tidak sempat melakukan olahraga sebaiknya lakukan saja naik turun tangga. Jika sedang aktivitas dikantor atau sedang ke mall usahakan naik tangga saja.
  5. Menghindari minum alkohol.
  6. Mengonsumsi sup kaldu sebelum makan.
  7. Banyak mengonsumsi air putih.
  8. Olahraga angkat beban jika bisa 3-4 kali seminggu. Jika enggan angkat beban Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, kardio, atau berenang.
  9. Tidur yang cukup. Sebab jika tidur Anda kurang dari 5-6 jam maka risiko obesitas meningkat. Kurang tidur akan memperlambat proses metabolisme tubuh, kemudian tubuh akan mengubah kalori menjadi energi sehingga metabolisme kurang efektif dan tubuh akan menyimpan energi yang tidak digunakan sebagai lemak. Selain itu kurang tidur juga akan meningkatkan hormon insulin dan kortisol yang memicu penyimpanan lemak.
  10. Hindari kondisi yang menyebabkan stres. Sebab akan muncul sinyal tubuh sebagai tanda butuh nutrisi yang akan berefek ingin makan terus.

Jika ingin melakukan diet tersebut diatas sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gizi ya. Agar takaran-takaran makan menjadi tepat.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dengan menjalani diet berdasarkan bentuk tubuh

Diet Berdasarkan Bentuk Tubuh, Mana Pilihan Anda?

Mengetahui bentuk tubuh juga dapat membantu Anda menentukan pola diet yang tepat. Terdapat lima pembagian bentuk tubuh. Dan setiap jenisnya memiliki kecocokan pola makan serta jenis olahraga yang berbeda.