21 Sep 2021, 06:15Penyakit Lainnya

Apakah diet cabai efektif menurunkan berat badan ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok,s aya ingin bertanya, apa benar diet cabai efektif menurunkan berat badan? Soalnya, teman saya banyak yang menjalankan program diet ini, tapi ada yang berhasil dan ada yang tidak. Apa itu diet cabai? Apa saja manfaat dan efek samping dari diet ini?
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Sl.Pandemi corona yag berlangsung lebih dari satu tahun dan tidak tahu sampai kapan akan berakhir membuat kita banyak berdiam diiri di rumah. Seluruh kegiatan dilakukan dari rumah baik sekolah, kuliah maupun berkerja. Ini membuat tubuh jarang bergerak sehingga memicu berat badan menjadi obesitas.

Apa benar diet cabai efektif menurunkan berat badan ? 

Diet cabai merupakan diet yang menggunakan kombinasi bubuk cabai dengan perasan jeruk lemon dan cuka apel dimana kombinasi ketiganya dianggap sebagai "detoksifikasi" yang dapat menurunkan berat badan serta membakar lemak.Capcaisin yang terdapat di dalam cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, pernafasan serta detak jantung sehingga lebih banyak membakar kalori. Perasaan jeruk lemon dan cuka apel dipercaya dapat melunakkan makanan sehingga menjadi feses. Namun diet cabai belum terbukti efektif menurunkan berat badan sama halnya dengan teman Anda, ada yang berhasil dan ada pula yang tidak berhasil. 

Apa manfaat dan efek samping dari diet cabai ?

Alih-alih mendapatkan manfaat dari diet cabai, tubuh Anda malah dapat mengalami berbagai efek samping seperti :
  • Gangguan suasana hati.
  • Meningkatkan asam lambung dan memicu GERD.
  • Iritasi pada saluran pencernaan, mata, hidung bahkan kulit.
  • Menjadi rabun bagi tubuh terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  • Malnutrisi dimana Anda tidak makan makanan sehat.
  • Diare.
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka atur pola makan Anda dan jangan lupa untuk selalu olahraga, minimal 15 menit atau 30 menit sebanyak 4 kali dalam seminggu. Mengatur pola makan dan olahraga membuat tubuh Anda jauh lebih sehat, mencegah stress dan tentunya menurunkan berat badan jika dilakukan dengan niat dan konsistensi. Konsultasi ke dokter spesialis gizi untuk mengatur jumlah dan jenis makanan dalam program diet Anda.Semoga berhasil.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.   
tips dietmakanan dietdiet sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil