Bagaimana cara meningkatkan gairah seksual wanita?

A Info Penanya: A
Dokter, kebetulan istri saya memiliki gairah seksual yang cukup rendah. Apakah ada cara untuk meningkatkannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

Libido atau gairah seksual adalah salah satu hal penting yang diperlukan dalam kehidupan seksual. Apabila mengalami penurunan libido atau memiliki libido yang rendah dapat berpengaruh pada kepuasan seksual dan juga berpengaruh pada performa saat berhubungan seksual. 

Tidak jarang masalah psikologis, aktivitas fisik yang melelahkan, kurang gerak dan faktor nutrisi bisa menjadi pemicu dalam timbulnya masalah penurunan gairah seksual. 

Cara meningkatkan gairah seksual pada wanita

Pada wanita sendiri untuk bisa meningkatkan gairah seksual perlu waktu dan trik yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar wanita bisa meningkatkan gairah seksualnya diantaranya:

  • Upayakan bisa rileks, lepaskan beban pikiran, istirahat dan tidur dengan cukup
  • Perbaiki komunikasi dan tingkatkan quality time bersama
  • Lakukan foreplay dan pemanasan yang lebih lama agar bisa lebih meningkatkan gairah seksual baik dengan pelukan, sentuhan, berciuman ataupun bisa menggunakan alat bantu seksual sebagai alternatif
  • Konsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan gairah seksual seperti daging merah, tiram, salmon, buah apel, pisang, coeklat
  • Coba lakukan hubungan seks di pagi hari ketika tubuh prima dan bisa membantu melepas stres

Apabila tetap kesulitan, ada baiknya bisa berkonsultasi juga pada dokter. Upayakan membangun komunikasi yang baik dan bisa saling berbagi cerita agar meningkatkan keintiman yang bisa membantu menjaga kehidupan seksual Anda dan pasangan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menurunnya gairah seksual diakibatkan oleh disfungsi seksual

Hati-hati! Penyebab Gairah Seks Menurun Ini Mungkin Menimpa Anda

Penurunan gairah seksual merupakan akibat dari disfungsi seksual yang biasa terjadi saat Anda berusia di atas 40 tahun. Kondisi ini disebabkan berbagai hal, seperti adanya konflik dalam hubungan, kelelahan, hingga stres.