Bagaimana cara meningkatkan berat badan?

TW Info Penanya: TW
Selamat siang dok,saya mau tanya bagaimana sih cara nya buat bisa gemukin badan sdangkan keluarga semuanya turunan kurus.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TW,

Kunci untuk bisa menambah berat badan adalah kalori. Dimana kita perlu mengetahui terlebih dahulu apakah berat badan sudah ideal atau belum dari perhitungan indeks massa tubuh. Jika berat badan terlalu kurus berarti perlu ekstra kalori agar bisa menambah berat badan.

Beberapa cara menambah berat badan sendiri seperti:

Menambah asupan kalori dengan memberikan ekstra lauk seperti misalnya sebutir telur ekstra, tambahan 1 potong perkedel, 1 lembar keju, 1 gelas susu ekstra ataupun menambah waktu makan dari 3 kali menjadi 4-5 kali tetapi dengan porsi yang lebih kecil, selain itu juga perlu cukup beristirahat, cukup tidur di malam hari, dan berolahraga rutin agar meningkatkan massa otot untuk membantu menambah berat badan. Upayakan jangan banyak minum sebelum atau saat makan agar tidak cepat kenyang. 

Jika masih kesulitan maka perlu dilakukan pemeriksaan dokter untuk mencari apakah ada gangguan kesehatan yang menjadi pemicu sulitnya berat badan naik. Gangguan tersebut bisa mungkin karena gangguan pencernaan, gangguan penyerapan nutrisi ataupun adanya infeksi. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat vitamin dan mineral yang terkandung dalam suntik kurus.

Mengenal Proses Suntik Kurus, Apa Saja Efek Samping yang Ditimbulkan?

Sama seperti sedot lemak, suntik kurus juga menjadi cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan di klinik kecantikan atau rumah sakit. Namun, apakah suntik kurus saja sudah cukup untuk bisa menurunkan berat badan seseorang?