Bagaimana cara mengubah kontrasepsi dari suntik ke pil.

WW Info Penanya: WW
Sore,..mau nanya nih,saya KB suntik sebulan,,,tp haid TDK lancar,,,gimana ya KL saya mau tukar KB pil,apakah udh hbs waktu KB suntik/ seblmnya saya langsung KB pil,trimaksh.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WW.

Anda bisa mengubah kontrasepsi dari suntik ke pil pada saat Anda mendapatkan menstruasi. Karena saat Anda haid itu menandakan efek dari KB suntiknya telah berakhir. Jadi Anda dapat langsung memulai menggunakan pil KB sesuai instruksi yang terlampir pada etiket/brosur obatnya.

Pil KB sama dengan KB suntik yaitu metode kontrasepsi hormonal, sehingga efek sampingnya kurang lebih sama. Ada beberapa produk pil KB yang Anda pilih, ada yang memiliki khasiat tambahan kepada kesehatan kulit. Tapi Anda harus meminumnya dengan disiplin karena efektivitas mencegah kehamilan yang 99.9 % hanya berlaku untuk yang minum setiap hari.

Cara kerjanya dengan mengubah cairan serviks menjadi lebih kental agar sulit dilewati sperma dan dinding rahim tidak bisa ditempel oleh sel telur yang dibuahi. Saya lampirkan artikel mengenai Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari

3 Langkah Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.