Bagaimana cara mengolah masakan lebaran yang sehat?

L Info Penanya: L, Wanita, 24 Tahun
Hello dok, kebetulan rumah saya selalu kebagian open house saat lebaran. Nah karena banyak orang tua, sebaiknya gimana sih dok masak makanan yang sehat saat lebaran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Lebaran merupakan sebuatan lain dari hari raya umat islam khususnya Idul Fitri yang dirayakan setiap tahun setelah umat islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan di bulan Ramadhan. Lebaran umumnya menjadi perayaan kemenangan yang bersifat spiritual dari upaya ibadah umat islam dalam menahan nafsu makan, minum dan nafsu duniawi yang dapat membatalkan puasa sesuai syariat agama. 

Dalam perayaan lebaran, umumnya terdapat berbagai sajian hidangan yang menjadi ciri khas lebaran seperti ketupat sayur, opor ayam, rendang, sambal goreng, semur, gulai sayur hingga kue kering. Menu makanan yang berlimpah tersebut sayangnya mengakibatkan orang melupakan menu sehat karena penggunaan bahan makanan yang tinggi gula, tinggi lemak dan santan serta tinggi karbohidrat.

Untuk itu, berikut tips memilih makanan sehat saat lebaran yang dapat Anda terapkan pada lebaran tahun ini, yang meliputi :

  • roti gandum untuk mengimbangi kue kering yang tinggi akan glukosa
  • salad sayur sebagai makanan pembuka
  • sup tofu untuk mengurangi menu berkuah santan
  • kurma sebagai cemilan 

Adapun cara mengolah masakan lebaran yang lebih sehat, diantaranya adalah :

  • menggunakan bagian daging yang rendah lemak, seperti dada ayam tanpa kulit untuk menu opor ayam, atau daging tanpa lemak untuk menu rendang
  • mengurangi penggunaan santan
  • mengurangi penggunaan MSG dan garam berlebih, atau menggantinya dengan kaldu jamur dan garam himalaya atau sea salt

Jika Anda menginginkan keterangan yang lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada ahli gizi atau dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kedelai hitam sama seperti kedelai biasa, sangat bermanfaat bagi kesehatan

8 Manfaat Kedelai Hitam yang Baik Bagi Kesehatan

Meskipun terlihat berbeda, tetapi manfaat kedelai hitam untuk kesehatan tidak kalah dari kacang kedelai biasanya. Manfaat kedelai hitam untuk tubuh itu mulai dari membantu menurunkan berat badan menuruntkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, mengatur diabetes, mengurangi risiko terkena kanker, dan masih banyak lagi.