Bagaimana cara mengolah ikan yang benar?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 29 Tahun
Dokter, banyak yang bilang olahan ikan itu baik untuk kesehatan. Namun bukannya itu kolesterol ya dok? Apa ada tips pengolahannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Ikan adalah salah satu hewan yang bisa diolah menjadi makanan manusia. Ada banyak sekali jenis ikan, yang secara umum dibagi menjadi ikan air tawar dan ikan air laut. Nah, ikan ini termasuk salah satu makanan bernutrisi, karena kandungan gizinya yang lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut kandungan nutrisi ikan dan manfaatnya:

  • Omega-3, adalah lemak sehat yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke
  • DHA, yang penting bagi pembentukan otak dan mata anak. Selain itu, DHA juga penting bagi lansia untuk mencegah penurunan fungsi otak.
  • Protein, yang membantu pembentukan otot
  • Kalsium, yang berfungsi menjaga kesehatan tulang
  • Vitamin D, yang turut serta menjaga sistem kekebalan tubuh, membuat tidur lebih nyenyak, dan juga menjaga kesehatan tulang

Tetapi, harus diperhatikan bahwa cara mengolah ikan juga harus benar. Jangan sampai cara mengolahnya membuat ikan menjadi tidak sehat, atau menghilangkan kandungan nutrisinya. Untuk ikan yang memiliki tekstur padat dan tidak mudah hancur seperti tuna, salmon, atau layur, Anda bisa memarinasi ikan dengan rempah kemudian memanggangnya. Selain itu, Anda juga bisa mengukus atau menumis ikan dengan sedikit minyak.

Jika Anda membutuhkan informasi lanjutan, atau membutuhkan program makan dengan menu ikan di dalamnya, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis gizi ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat selada baik bagi tubuh

Jangan Remehkan 12 Manfaat Selada Ini Bagi Kesehatan

Selada seringkali dikategorikan sebagai sayuran dengan rasa yang hambar. Faktanya, selada punya manfaat kesehatan beragam, mulai dari menurunkan berat badan sampai menjaga kesehatan mata. Apa saja manfaat lainnya?