Bagaimana cara mengobatinya rabun senja pada driver ojol?

AK Info Penanya: AK
Dok, mau tanya, saya sekarang berprofesi sebagai driver ojol. Nah, sebenarnya saya sejak dulu mengalami rabun senja, jadi biasa saya berhenti narik waktu sore. Tapi, terkadang kalau harus mengejar bonus, saya akhirnya memaksa diri untuk tetap narik hingga agak malam. Selama ini sih aman-aman saja, dok. Tapi terkadang saya khawatir saja kalau terjadi sesuatu. Bagaimana ya, dok, caranya supaya rabun senja saya bisa sembuh? Thx
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AK,

Rabun senja adalah gangguan penglihatan yang sering kali timbul atau dirasakan saat menjelang pergantian sore ke malam atau saat senja. Rabun senja memiliki istilah lain yaitu niktalopia. Kondisi ini sering kali terjadi karena adanya gangguan pada retina mata terutama jika melihat pada kondisi cahaya yang redup.

Penyebabn rabun senja sendiri bisa karena kekurangan vitamin A, gangguan pigmen retina, ataupun bisa karena efek penyakit lain seperti diabetes, katarak, ataupun glaukoma. Tidak jarang penderita rabun jauh juga bisa timbul rabun senja.

Untuk mengatasi rabun senja sendiri perlu diketahui apa yang menjadi penyebabnya karena rabun senja sendiri bukan suatu penyakit tetapi gejala dari kondisi lain yang memicunya. Jika memiliki masalah tajam penglihatan maka perlu dikoreksi menggunakan kacamata misalnya atau jika ada penyakit lain maka perlu diberikan penanganan yang sesuai. Periksakan diri pada dokter mata untuk memastikan kondisi Anda dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macular degeneration dapat menyebabkan pengelihatan rabun

Kenali Gejala Dini dari Penyakit Mata Macular Degeneration

Penyakit mata macular degeneration atau degenerasi makular membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas. Gejalanya sering tidak terlihat. Namun ada gejala awal yang bisa Anda perhatikan. Apakah itu?