Bagaimana cara mengobati testis bengkak?

T Info Penanya: T, Wanita, 28 Tahun
Dok jujur saya bingung, saya sejak tadi pagi merasakan nyeri di buah zakar saya yang sebelah kiri Dok. Padahal semalem baik-baik aja tuh dok dan tidak sakit sama sekali. Pagi ini agak bengkak dan nyeri apalgi kalo saya duduk dok. Apa yang harus saya lakukan ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Buah zakar atau yang dalam bahasa medis disebut dengan testis merupakan bagian dari alat reproduksi pria yang memiliki fungsi utama memproduksi sperma dan hormone androgen. Sama hal nya dengan bagian lainnya, testis pun dapat mengalami gangguan. Gangguan yang seringkali terjadi diantaranya pembengkakkan testis yang disertai rasa nyeri.

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakkan pada testis :

Untuk mengetahui penyebabnya secara pasti sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter Spesialis Andrologi. Dan terkait dengan pengobatannya, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya, sehingga terapi yang diberikan sesuai.

Apabila gangguan yang terjadi merupakan radang testis yang disebabkan oleh infeksi bakteri maka dokter akan memberikan terapi antibiotik. Pada kasus tertentu dokter seperti varikokel, diperlukan tindakan medis berupa operasi. Dan untuk kondisi hidrokel yakni penumpukan cairan pada lapisan pembungkus testis, umumnya dapat hilang dengan sendirinya.

Apabila keluhan nyeri terus berlanjut, terasa memburuk dengan durasi lebih dari 15 menit, segeralah mencari pertolongan medis darurat agar dapat segera ditangani.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di testis dapat disebabkan oleh pembesaran pada pembuluh darah testis

Benjolan di Testis Menimbulkan Rasa Sakit, Apa Penyebabnya?

Benjolan di testis merupakan keluhan yang sering dialami oleh anak laki-laki maupun pria dewasa. Salah satu penyebabnya adalah varicocele atau pembesaran pada pembuluh darah testis. Kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik.