Bagaimana cara mengobati telat haid dengan cara alami?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok saya sudah telat haid 2 bulan, saya kira saya hamil, ternyata tidak. Ini kenapa ya dok? apa bisa diobati secara alami?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Haid atau menstruasi merupakan keadaan yang dialami hampir setiap wanita dari remaja sampai dengan dewasa. Siklus menstruasi normal terjadi pad 21 - 35 hari.  Cara menghitungnya dari hari pertama menstruasi pad abulan ini sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.

Adapun beberapa hal yang dapat mempengaruhi terlambatnya menstruasi adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda sudah terlambat menstruasi selama 2 bulan Anda bisa melakukan tes kehamilan terlebih dahulu untuk menentukan anda hamil atau tidak. Jika sudah 2x tes hasilnya negatif, Anda bisa melakukan cara alami untuk mempercepat datangnya haid dengan aman, yaitu:

  • Menghindari stres
  • Melakukan olahraga teratur
  • Mengonsumsi vitamin C
  • Melakukan diet dan menjaga berat badan agar tidak obesitas
  • Menghindari kelelahan serta berisrirahat dengan cukup
  • Mengonsumsi jahe
  • Mengonsumsi kunyit

Selain hal tersebut diatas, pastikan juga Anda tetap berusaha mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar serta cukupi kebutuhan cairan harian.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, atau tidak ada tanda-tanda menstruasi segera priksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.