Bagaimana cara mengobati saluran kencing?

IS Info Penanya: IS, Pria, 24 Tahun
Pagi dok Saya mau tanya cara mengobati salur kencing bagimana ea dok Soallny saya takut bisa berefek pada kandungan dan bayi saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IS,

Saluran kencing merupakan saluran antara kandung kemih hingga saluran akhir di kemaluan dan juga antara kandung kemih sampai ke ginjal. Jika terjadi masalah pada saluran kemih bisa timbul karena beragam hal mulai dari infeksi, trauma, batu, sumbatan ataupun lainnya.

Untuk itu pengobatan sendiri perlu disesuaikan dengan penyebabnya jika karena infeksi tentunya perlu diatasi penyebab infeksinya mulai dari infeksi saluran kemih ataupun infeksi yang disebabkan karena hubungan seksual atau infeksi menular seksual. Jika ada batu maka dapat diberikan obat ataupun dilakukan tindakan agar batu bisa hilang.

Maka jalan terbaik saat ini adalah periksakan diri pada dokter agar dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab darah, USG, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan untuk memastikan penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bermesraan dengan pasangan setelah berhubungan intim tergolong penting untuk membangun hubungan yang sehat

10 Kebiasaan Sehat yang Penting Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Membangun kebiasaan sehat setelah berhubungan intim termasuk penting demi mencegah berkembangnya kuman atau terkena infeksi. Mulai dari mencuci tangan, membersihkan area organ intim, buang air kecil, dan banyak lagi.