Bagaimana cara mengobati pembengkakan kelenjar getah bening?

AL Info Penanya: AL, Wanita
dokter, gimana cara mengobati kelenjar getah bening anak saya yang bengkak di leher? karena benjolnya tidak mengecil udah berhari hari. apakah ini berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kelenjar getah bening merupakan sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit, dimana di dalam kelenjar getah bening terdapat sel-sel yang bertugas memproduksi antibodi di dalam tubuh. Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening pada anak-anak bisa macam-macam, yaitu infeksi virus flu, radang tenggorokan, dan kanker. Pada kondisi yang langka, bisa juga terjadi limfoma Hodgkin (sel kanker pada limpa)

Gejala dari pembengkakan kelenjar getah bening, yaitu:

  • Demam
  • Benjolan terasa hangat dan kemerahan
  • Muncul benjolan di tempat lain seperti bawah rahang, selangkangan, dan di atas tulang selangka.
  • Nyeri jika disentuh dan kadang-kadang nyeri akan hilang dengan sendirinya jika penyakit yang diderita sudah sembuh

Kondisi kelenjar getah bening yang membengkak ini dinamakan limfadenopati. Proses penyembuhan dari kelenjar getah bening yang bengkak biasanya membutuhkan waktu 2-3 minggu. Tetapi, jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya Anda segera menghubungi dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan. Di rumah, Anda dapat melakukan pengompresan pada benjolan jika terasa nyeri atau panas untuk mengurangi pembengkakannya. Jika nyeri, Anda bisa berikan paracetamol. Lalu, perbanyak istirahat, berikan makanan yang bergizi, dan konsumsi air putih yang banyak.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya jerawat, penyebab benjolan di belakang telinga juga bisa karena infeksi atau kista

Kenali Berbagai Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab benjolan di belakang telinga umumnya adalah jerawat. Namun adanya infeksi, kista, atau kanker juga dapat menyebabkan benjolan di area tersebut.