Bagaimana cara mengobati kutu air?

LP Info Penanya: LP, Wanita, 25 Tahun
Selamat pagi. Saya mau bertanya,, obat apa yg cocok & ampuh untuk kutu air?? Saat ini saya menggunakan rivanol. Mungkin ada obat lain?? Atau terapi yg harus saya lakukan untuk mengatasi penyakit kutu air ini.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Walaupun namanya kutu air, tapi sebenarnya disebabkan oleh golongan jamur (tinea). Sedangkan rivanol bersifat antiseptik atau lebih cocok untuk penanganan luka. Obat anti jamur dapat diberikan dalam bentuk salep dan/atau obat minum. Penggunaan obat salep bisa sampai 4-6 minggu. Bila kulit sudah berkerak maka diberikan pada telapak dan bagian sisi dari tangan / kaki. Pada sela jari walaupun belum ada gejala perlu diberikan karena kemungkinan jamur juga berpindah ke sisi tersebut. Dari penelitian waktu sampai sembuh paling cepat membutuhkan 4 minggu.

Keluhannya bisa berulang bila pengobatan dihentikan tidak sampai tuntas dengan alasan sudah ada perbaikan atau belum ada perkembangan yang berarti. Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapat masukan dan terapi yang sesuai dengan gangguan klinis Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.