Bagaimana cara mengobati cacar air pada dewasa ?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya tentang penyakit cacar air yg saya alami. Ini udah hari kedua sejak saya kena cacar air diseluruh tubuh saya. Saya periksa ke puskesmas dan diberikan paracetamol. Apakah ini sudah cukup dok? atau saya harus berobat di tempat lain untuk menyembuhkan cacar air saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster dimana akan muncul keluhan demam, pusing, nyeri sendi, ada bintik-bintik kemerahan di kulit yang lama-lama akan berkembang dan berisi cairan yang terasa gatal dan dapat menyebar ke seluruh tubuh, tidak nafsu makan sehingga badan terasa lemas.

Tindakan yang dapat Anda lakukan bila Anda didiagnosa sakit cacar air adalah :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta protein.
  2. Minum air putih yang banyak untuk membantu menurunkan demam.
  3. Makan lebih banyak.
  4. Cukup istirahat.
  5. Gunakan bedak salisil atau calamine lotion untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.
  6. Minum obat anti virus untuk mempercepat penyembuhan cacar air.
  7. Boleh mandi, namun ketika mengeringkan badan cukup ditekan lembut dengan handuk, jangan digosok secara kasar agar gelembung air tidak pecah.

Anda bisa mencari pendapat lain dengan melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk memastikan apakah benar Anda menderita cacar air dan mendapat penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus herpes simplex bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan penderitanya

Herpes Simplex Bisa Sembuh, tapi Tetap Waspadai Dampak Psikologisnya

Infeksi herpes simplex (HSV) tidak selalu memperlihatkan gejala yang signifikan. Penderita infeksi ini akan merasa gatal dan perih pada mulut atau area genital. Untuk pengobatannya, penderita HSV diberikan antibiotik atau salep untuk dioleskan pada luka. Walaupun bisa sembuh, infeksi herpes simplex berpengaruh pada keharmonisan hubungan seseorang. Dampingi dan berikan dukungan jika pasangan Anda menderita HSV.