Bagaimana cara mengobati asam lambung?

MA Info Penanya: MA
Slmt malam Dok....udah 6 hari ini saya sakit. Sakit yg dirasa ada di bagian perut/lambung. Mual mual/muntah terus, makan pun susah, hanya bisa sedikit terima makanan perutnya. Ketika di jam 12 malam s/d menjelang shubuh asam lambungku naik terus, mual2 mau muntah sampai keluar keringat dan susah tidur. Sdh berobat ke dokter sampai 2x masih begini aja Dok keadaan saya. Jd saya harus bagaimana Dok? Trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Gangguan asam lambung adalah gangguan pada saluran pencernaan yang timbul akibat peningkatan produksi asam lambung, asam lambung yang mengikis lapisan saluran pencernaan, ataupun asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa nyeri di ulu hati, mual, muntah, sakit perut dan lainnya. Selain karena gangguan asam lambung, sakit yang dialami juga mungkin disebabkan oleh penyebab lain seperti misalnya tukak lambung atau luka di dinding lambung, infeksi saluran pencernaan, efek penggunaan obat dan penyebab lainnya.

Jika sudah 2 kali berobat dan tidak ada perbaikan ada baiknya untuk memeriksakan diri kembali pada dokter spesialis penyakit dalam terutama konsultan gastroenterohepatologi (Sp. PD KGEH) atau konsultan untuk saluran cerna dan hati agar dipastikan penyebabnya seperti salah satunya melalui pemeriksan USG dan endoskopi atau menilai kondisi saluran cerna melalui selang berkamera.

Jika terdapat luka ataupun infeksi yang menimbulkan luka pada lambung maka akan diberikan penanganan berupa pengobatan untuk melapisi lapisan lambung dan mengatasi infeksi yang ada. Penting untuk menjaga pola makan walaupun sedikit tetapi perlu lebih sering makan, dengan mengonsumsi makanan yang tidak mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, berlemak, beminyak, minuman berkafein dan pencetus iritasi lainnya, penting juga mengelola stres agar tidak memicu peningkatan asam lambung. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah AB hanya bisa mendonorkan darahnya bagi sesama golongan AB saja.

Segala Fakta Menarik Di Balik Golongan Darah AB

Golongan darah AB disebut sebagai penerima darah universal karena dapat dengan aman menerima transfusi darah dari golongan darah manapun, baik O, A, B, atau AB.