16 Feb 2021, 16:08Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengobati alergi terhadap detergen?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dokter, kenapa ya tangan saya sering sekali gatal, mengelupas, bahkan keluar bintik-bitik berair setelah saya mencuci menggunakan detergen. Apakah alergi yang saya alami sangat parah?
90 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, FF.Alergi adalah kondisi ketika sistem imun merespon benda asing yang masuk atau terpapar ke tubuh secara berlebihan. Apabila reaksi ini muncul karena paparan sesuatu (misalnya deterjen pada kasus Anda), maka dalam dunia medis dikenal sebagai dermatitis kontak.

Gejala dermatitis kontak adalah:

  • gatal-gatal
  • rasa panas di kulit
  • muncul ruam atau bintik merah pada kulit
  • kulit menjadi kering, bersisik, pecah-pecah, atau mengelupas
Nah, pada kondisi Anda, perlu diperhatikan apakah reaksi ini muncul pada saat terpapar deterjen dalam jumlah banyak atau sedikit. Apabila banyak, gejala yang Anda alami tergolong wajar, karena deterjen memang mengandung bahan-bahan kimia seperti pewarna, pewangi, atau paraben; yang bisa memicu iritasi. Tapi, apabila hanya dengan sedikit paparan Anda mengalami keluhan tersebut, maka ini bisa dikatakan alergi.Apabila Anda memang mengalami alergi, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari pencetus. Jadi, jangan menggunakan deterjen tersebut lagi untuk mencuci. Sebagai alternatif, Anda dapat mencari deterjen berbahan organik tanpa bahan kimia, yang lebih aman bagi kulit sensitif.Lalu, jangan menganggap kondisi ini sepele dan mengabaikannya begitu saja, ya. Pasalnya, apabila dibiarkan, lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai pelindung akan semakin menipis, dan kulit semakin mudah alergi. Bahkan, kulit juga dapat mengalami infeksi.Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan keluhan Anda kepada dokter kulit. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kulit sehatalergidermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil