Bagaimana cara menghitung berat badan ideal?

M Info Penanya: M, Wanita, 26 Tahun
Saya pernah mendengar bahwa cara menghitung berat badan ideal adalah Tinggi Badan - 110. Apakah rumus tersebut benar?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anda bisa menggunakan cara tersebut untuk perkiraan kasar seperti cara cepat bila anda sedang mengikuti bimbel. Sedangkan cara ilmiahnya adalah menggunakan Body Mass Index (BMI). BMI adalah perhitungan sederhana menggunakan tinggi dan berat badan seseorang. Rumusnya adalah BMI = kg / m2 di mana kg adalah berat badan seseorang dalam kilogram dan m2 adalah tingginya dalam meter kuadrat.

Hasil perhitungan BMI >25,0 termasuk kelebihan berat badan, sedangkan rentang sehat adalah 18,5 hingga 24,9. BMI berlaku untuk sebagian besar orang dewasa 18-65 tahun. BMI tidak digunakan untuk atlet karena BMI nya bisa tinggi tapi bukan berarti resiko kesehatan lebih besar. BMI juga tidak bisa digunakan untuk ibu hamil dan menyusui yang komposisi tubuhnya berubah, anak-anak yang belum selesai masa pertumbuhannya atau orang tua yang kehilangan massa otot dengan bertambahnya usia.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor genetik hingga gangguan hormon adalah penyebab obesitas yang jarang disadari

Selain Gaya Hidup, 9 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Obesitas

Obesitas tidak hanya berhubungan dengan pola makan. Penyebab obesitas bemacam-macam, misalnya kurang tidur dan konsumsi obat-obatan. Untuk menurunkan berat badan, kenali penyebab obesitas agar metode yang digunakan tepat dan sehat.