Bagaimana cara menghilangkan TBC dengan tradisional ?

F Info Penanya: F
Halo dok. Gimana cara menghilangkan kp dengan tradisional ? Atau paling tidak sesak nafasnya ? Bagaimana jika orang yg menderita kp terlanjur pergi ke gunung tetapi sebelumnya dia pernah mendaki ? Bagaimana antisipasinya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

KP/ TBC paru/ tuberkulosis paru adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa yang sering menyerang paru-paru dan menimbulkan keluhan batuk lama, sesak napas, batuk berdarah, penurunan berat badan, sering demam, berkeringat di malam hari. Penyakit ini memerlukan pengobatan dari dokter dengan masa pengobatan minimal 6 bulan, nanti dokter akan melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengontrol kondisi Anda apakah dosis obat yang diberikan sudah sesuai atau belum, apakah ada muncul efek samping obat, apakah ada tanda-tanda keberhasilan pengobatan. Dan dari segi dunia medis, tidak ada obat herbal yang mampu menghilangkan TBC.

Bila seseorang menderita TBC dan muncul keluhan sesak napas, maka sebaiknya hindari aktivitas berat seperti naik gunung, namun bila sudah terlanjur naik gunung seperti kasus Anda, maka setelah mendaki beberapa meter, lakukan istirahat sejenak agar sesak napas tidak semakin memberat. Karena semakin tinggi gunung, maka kadar oksigennya akan semakin berkurang dimana dapat menimbulkan keluhan sesak, terlebih pada Anda yang sedang TBC dan sesak.

Sebaiknya jangan memaksakan diri bila masih sesak, dan jangan lupa lakukan kontrol rutin ke dokter paru agar mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan untuk mencegah kanker paru-paru, bisa Anda sajikan untuk sajian keluarga

Ini Minuman dan Makanan Sehat, untuk Mencegah Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru, yang menyebabkan wafatnya Pak Sutopo, dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti polusi, rokok, dan asbestos. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengurangi faktor risiko kanker paru-paru, serta dengan konsumsi minuman dan makanan sehat tertentu.