bagaimana cara menghilangkan tanda lahir?

SA Info Penanya: SA
Dokter mau tanya dong......kalau mau menghilangkan tanda lahir di muka semacam toh gitu biasanya pakai apa ya dok...haruskah laser??? Soalnya nggk pede punya toh di wajah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Tanda lahir adalah timbulnya bercak pada area tubuh yang timbul sejak lahir. Jenis tanda lahir sendiri beragam mulai dari tanda kehitaman, kemerahan, tampak rata ataupun menonjol. Tanda lahir sendiri sebenarnya tidak berbahaya tetapi jika mengganggu penampilan perlu untuk dihilangkan. 

Untuk menghilangkan tanda lahir bisa dilakukan beragam cara salah satunya adalah dengna krim untuk membantu menyamarkan tanda lahir, menggunakan kosmetik seperti concealer ataupun perawatan pada dokter seperti menggunakan tindakan laser.

Untuk itu baiknya periksakan diri pada dokter kulit agar dinilai jenis tanda lahir yang timbul dan merencanakan tindakan untuk mengatasi atau menghilangkan tanda lahir tersebut. Hindari menggunakan krim-krim yang dijual bebas yang menjanjikan mampu menghilangkan tanda lahir dengan sempurna karena bisa berisiko menimbulkan iritasi ataupun permasalahan kulit lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda lahir hitam atau bercak mongol pada bayi tidak berbahaya

Tanda Lahir Hitam pada Bayi, Amankah?

Tanda lahir hitam pada bayi kerap dikaitkan dengan mitos. Faktanya, tanda lahir ini adalah pigmen yang terperangkap di lapisan kulit. Tanda lahir hitam akan hilang atau memudar dengan sendirinya.