Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 19 Tahun
assalamualaikum dok, saya sudah beberapa kali searching cara menghilangkan tahi lalat yang mati/ tidak timbul, tapi yg muncul kok selalu penghilang tahi lalat yg timbul ya dok? apakah ada cara/ krim khusus penghilang tahi lalat yg tidak timbul?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi INZ,

Tahi lalat adalah pertumbuhan kulit berupa bintik-bintik hitam kecoklatan akibat penumpukan pigmen. Umumnya setiap orang memiliki tahi lalat sebanyak 10-40 di seluruh tubuh dan seringkali tidak berbahaya. Namun seseorang yang memiliki tahi lalat lebih dari 40 perlu mewaspadai adanya tanda-tanda yang mengarah ke kanker kulit.

Tahi lalat yang menimbul dapat coba dihilangkan dengan berbagai cara alami seperti penggunaan cuka apel, tea tree oil, bawang putih, yang dioleskan secara teratur ke tahi lalat yang menimbul. Namun karena menggunakan bahan alami, ada kemungkinan membutuhkan waktu lama hingga berbulan-bulan untuk menghilangkan tahi lalat yang menimbul.

Sedangkan untuk menghilangkan tahi lalat yang tidak menimbul, saat ini hanya dapat dilakukan di dokter kulit dengan penggunaan laser. Selain itu perlu penggunaan tabir surya atau pakaian panjang untuk menghindari paparan sinar matahari.

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang mudah disembuhkan jika terdeteksi dini

5 Gejala Karsinoma Sel Basal yang Mudah Anda Kenali

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang mudah disembuhkan jika terdeteksi dini. Gejala karsinoma sel basal salah satunya adalah luka yang tidak kunjung sembuh.