Bagaimana cara menghilangkan psoriasis di kulit kepala?

O0 Info Penanya: O0, Pria, 27 Tahun
Saya penderita psoriasis dari tahun 2010 hingga sekarang. Saya hidup be tergantungan sama salep racikan yg harganya 150rbu per pot, satu pot dua hari habis. Pertanyaan nya, apakah psoriasis memang tak bisa disembuhkan dengan cara apapun? Karena pakai salep dari tahun 2010 smpai skarang yg ku rasa hanya memperpanjang umur saya, bukan menyembuhkan. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang O,

Psoriasis adalah peradangan kulit menahun akibat penyakit autoimun atau terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang sehat karena salah mengenali sel yang sehat. Penyebab pastinya sendiri tidak diketahui pasti.

Memang psoriasis tidak bisa diobati sampai tuntas tetapi bisa dikelola dengan memperhatikan apa yang menjadi pemicunya. Obat yang diberikan bertujuan untuk meredakan gejala. Selain dengan pemberian krim, terapi psoriasis juga bisa dilakukan dengan pemberian obat oral dan terapi seperti fototerapi untuk mengatasi gejala yang timbul dan mengurangi kekambuhan.

Hindari stres, penggunaan obat-obatan yang memicu gejala, konsumsi alkohol, kebiasaan merokok agar psoriasis tidak kambuh terus menerus. Periksakan diri pada dokter kulit atau meminta opini kedua dari dokter kulit lainnya untuk penanganan yang tepat agar tidak ketergantungan pada krim tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.