Bagaimana cara menghilangkan plak hitam dan karang gigi?

DR Info Penanya: DR, Pria, 24 Tahun
dok ada ngk cara untuk hilangkan plak Hitam dan karang Gigi (mengurangi plan)???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DR,

Karang gigi adalah penumpukan plak ataupun mineral dalam mulut yang terbentuk dari sisa makanan ataupun kegiatan lain seperti misalnya merokok. Jika sudah menumpuk dan membentuk karang gigi bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti rasa nyeri, gigi goyang, dan juga bisa memicu bau mulut.

Stain atau noda di gigi juga bisa berawal dari plak ataupun kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi teh, kopi, ataupun minuman berwarna lain yang bisa menimbulkan warna atau noda di gigi.

Untuk menghilangkan stain dan karang gigi tidak bisa hanya dengan sikat gigi tetapi perlu dilakukan pembersihan oleh dokter gigi melalui tindakan scalling atau pembersihan karang gigi dan noda dengan alat khusus. Cukup banyak klinik ataupun dokter gigi yang memberikan promo khusus untuk tindakan scalling ini jadi segera periksakan diri pada dokter gigi untuk bisa mengatasi keluhan yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tambal gigi adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah

Ternyata Tambal Gigi Bisa Dilakukan untuk Gigi Patah, Bagaimana Prosedurnya?

Gigi patah adalah risiko yang dapat terjadi saat berolahraga. Gigi yang patah membutuhkan penanganan segera karena mempengaruhi keberhasilan prosedur. Tambal gigi patah adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah.