09 Sep 2019, 13:52Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan nyeri pada luka atau bisul ?

RA
Info Penanya: RA, Pria, 2019 Tahun
Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit atau nyerri pada luka atau bisul yang lqgi memar supaya tidak nyrri lagi
92606 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Clara Octaveny Parhat
(0)
Selamat malam, RA.Terima kasih telah bertanya di SehartQ. nyeri yang dirasakan pada luka atau adanya bisul disebabkan oleh terjadinya reaksi inflamasi ( reaksi kemerahan disekitar luka, nyeri, teraba panas ) akibat dari rusaknya jaringan tubuh.Penanganan nyeri akibat luka atau bisul dirumah bisa dilakukan seperti :
  • kompres air hangat. dengan melakukan kompres air hangat pada area luka dan bisul dapat merelaksasikan jaringan dan cairan nanah pada bisul dapat cepat diserap oleh tubuh sehingga nyeri berkurang. cara melakukan kompres air hangat bisa dengan menggunakan kain bersih yang sudah direndam air hangat yang dikeringkan terlebih dahulu kemudian dikompres selama 10 menit.
  • Diistirahatkan. tubuh yang terkena luka seperti lengan atau kaki diusahakan tidak terlalu banyak melakukan aktivitas. Dengan istirahat membuat luka lebih cepat sembuh dan mengurangi rasa nyeri. Diistirahatkan dengan tetap digerakkan sekali - sekali agar tidak terjadi kekauan otot.
  • Gunakan anti nyeri yang dijual bebas seperti acetaminofen.
  • Tutup luka terbuka dengan kassa steril agar tidak terkena air saat mandi sehingga tidak terpapar bakteri dan luka menjadi terlalu basah dan jika ingin keluar rumah agar tidak kotor terkena debu dan terpapar kuman sehingga luka tidak menjadi parah dan lebih cepat penyembuhan.
  • Rawat luka dengan tepat dengan cara rutin membersihkan luka 3x sehari dengan menggunakan air yang telah dimasak atau rivanol kemudian di lakukan pembersihan luka dengan cara di kompres dan menghilangkan kotoran yang menempel di luka setelah itu dapat mengoleskan krim antibiotik yang dijual bebas.
  • Perbanyak konsumsi buah - buahan seperti mangga, jeruk, pepaya, sirsak, dan manggis dan sayuran seperti brokoli, sawi, dan wortel yang kaya vitamin C untuk membantu penyembuhan luka dengan mempercepat terbentuknya jaringan kulit baru. 
 Jangan mencoba memecahkan bisul sendiri agar terhindar dari pemakaian alat yang kurang steril yang dapat membuat bisul semakin parah. Jika terdapat keadaan seperti nyeri semakin hebat, ragu tentang cara merawat luka dengan tepat, dan kondisi luka dan bisul semakin parah segera periksakan ke dokter umum untuk mendapatkan perawatan luka yang tepat dan mungkin dokter akan memberikan resep obat antibiotik minum untuk mempercepat penyembuhan luka dan obat anti radang untuk membantu mengurangi nyeri.Semoga bermanfaat.  Salam sehat,dr. Clara. 
penahan nyeripereda nyeripenyembuhan lukabisulnyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil