Bagaimana cara menghilangkan nyeri haid tanpa obat?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
dok, saya setiap haid selalu ngerasain nyeri.. minum obat pereda nyeri pun juga hampir engga ilang nyerinya.. bagaimana cara menghilangkan nyeri haid tanpa obat?? terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Nyeri haid merupakan keluhan yang seringkali dialami seorang wanita ketika menjelang haid. Selama nyerinya hanya terjadi menjelang dan sampai 2 hari pertama haid, nyeri masih bisa ditahan atau cukup dengan obat pereda nyeri ringan misal paracetamol, maka seharusnya masih dalam batas kewajaran.

Namun bila nyeri haid terasa sangat berat, dan berlangsung lebih dari 2 hari, maka Anda perlu lebih waspada, karena bisa saja terjadi gangguan pada organ reproduksi Anda berupa :

  1. Endometriosis.
  2. Adenomiosis.
  3. Radang panggul. Peradangan yang terjadi akibat infeksi menular seksual yang biasanya terjadi akibat berganti-ganti pasangan seksual.
  4. Mioma.
  5. Stenosis serviks. Adanya penyempitan pada serviks akan menyebabkan darah haid akan tertahan di dalam rahim dan menimbulkan rasa nyeri.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk menangani keluhan nyeri haid Anda adalah :

  1. Kompres perut yang sakit menggunakan air hangat.
  2. Minum paracetamol untuk membantu meredakan nyeri.
  3. Lakukan olahraga ringan, peregangan seperti yoga.
  4. Minum teh hangat atau air jahe hangat untuk merelaksasi tubuh.

Bila keluhan nyeri ini semakin berat intensitasnya, atau ada gangguan siklus haid, nyeri ketika berhubungan seksual, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.