Bagaimana cara menghilangkan ngilu akibat abrasi gigi?

AA Info Penanya: AA, Pria
salam sehat, dok. bagaimna cara menghilangkan ngilu pada gigi atas yg udah abrasi (merosot)?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Abrasi gigi adalah kerusakan jaringan keras gigi penyebabnya bisa karena adanya kontak yang berulang pada gigi baik karena benda keras, zat kimia, ataupun kebiasaan seperti mengigit-gigit benda, mengunyah sirih, cara menyikat gigi yang kurang baik, pasta gigi yang abrasif dan penyebab lainnya.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan penanganan oleh dokter gigi seperti:
  • Pembuatan crown atau pembuatan lapisan baru di gigi
  • Penambalan jika ada gigi yang retak 
  • Perlu mengatasi kebiasaan yang memicu abrasi
  • Jaga kebersihan gigi dengan menggunakan pasta gigi yang aman, sikat gigi yang lembut dan ganti secara berkala setiap 3 bulan sekali, dan cara menyikat gigi yang baik dan benar
  • Lakukan juga perawatan berkala pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Untuk mengatasi ngilu sendiri bisa dilakukan beberapa cara seperti mencegah mengonsumsi makanan yang bisa memicu gejala, membersihkan gigi dengan teratur, mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, berkumur dengan obat kumur, menggunakan pasta gigi untuk mencegah ngilu ataupun bisa menggunakan cara lain seperti mengoleskan minyak cengkeh, mengompres menggunakan kantung teh dan cara lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gusi juga dialami penderita HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1

4 Kondisi Ini Dapat Memicu Sakit Gusi

Sakit gusi adalah kondisi yang terjadi akibat gingivitis atau radang gusi. Salah satunya adalah impaksi makanan di mana makanan tersangkut di antara gigi atau pada gusi. Namun, penyakit HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1 juga menyebabkan terjadinya sakit gusi.